SEJARAH SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN POLITIK "SILAS PAPARE" JAYAPURA



A.        Sejarah Singkat STISIPOL Jayapura
Gagasan untuk mendirikan Perguruan Tinggi “Silas Papare” Jayapura adalah atas prakarsa Bapak Brigjen TNI RK. Sembiring Meliala selaku Pangdam XVII/Cenderawasih. Beliau banyak menaruh perhatian dalam rangka menyiapkan tenaga terampil yang sesuai dengan kondisi sosial/politik daerah Irian Jaya. Nama “Silas Papare” diambil dari nama salah satu pejuang Irian Jaya (Papua) yaitu Bapak Silas Papare
Untuk mendirikan sebuah Sekolah Tinggi, diperlukan sebuah badan yang bertanggung jawab atas perkembangan sekolah dimaksud. Dengan demikian didirikan Yayasan Mandala Trikora oleh Kodam XVII/Cenderawasih dengan Akte Pendiri Nomor 11 Tanggal 5 Juni 1984 denga Tugas utamanya mengelolah Sekolah Tinggi Ilmu Sosial  (STIS) “Silas Papare” Jurusan Sosiologi (S.1) yang diresmikan pada tanggal 19 Juli 1984. Atas persetujuan Kopertis Wilayah IX/Ujung Pandang, Perguruan Tinggi tersebut memperoleh status terdaftar dari Mendikbud RI Nomor 0434/0/1985 tanggal 10 Oktober 1985. Dalam perkembangannya, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial (STIS) beruba menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL).
Sehubungan dengan perubahan Kodam XVII/Cenderawasih menjadi Kodam VIII/Trikora, maka Akte Pendiri yang semula bernomor 11 tanggal 5 Juni 1984 mengalami perubahan dengan Nomor 63 tanggal 31 Januari 1985 sekaligus nama Yayasan Mandala Trikora.
Pada tahun Akademik 1992/1993 STISIPOL “Silas Papare” Berkembang menjadi 2 Jurusan yaitu Jurusan Sosiologi dan Jurusan Strata Satu (S.1) dan Ilmu Pemerintahan Program Diploma Tiga (D.III), yang karena kebutuhan Daerah maka tahun 2001 Program Studi Ilmu Pemerintahan berubah dari Diploma tiga (D.III) menjadi Program Strata Satu (S.1)
Sejak didirikan pada tahun 1984 sampai tahun 2012, STISIPOL “Silas Papare” Jayapura telah menghasilkan Lulusan sebannyak ............. Sarjana Strata Satu dan dua

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SILAS PAPARE